• 0761 - 31425
  • Jl. A. Yani No.89 Pekanbaru - Riau
  • sd_st_maria@yahoo.com
Menyimak amanat Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim saat upacara virtual Hari Pendidikan Nasional 02 Mei 2020 "Belajar dari Covid 19" Negara Kita dan Dunia sedang dilanda oleh krisis Covid 19 yang tidak sedikit memakan korban nyawa. Namun dari pandemi ini kita mendapatkan banyak hikmah dan pembelajaran. Pembelajaran itu adalah 1. Untuk pertama kali guru-guru melakukan pembelajaran secara online ,guru-guru menemukan metode-metode baru dan menyadari bahwa pendidikan bisa terjadi dimana saja an kapan saja. 2. Orang tua untuk pertama kali merasakan sulitnya tugas tugas guru dalam menjalankan tugas mengajar. Untuk pertama kalinya orang tua menyadari betapa memberikan pengajaran secara efektif itu sulit, dan timbulnya empati kepada guru-guru yang semama ini belum ada. 3. Guru, siswa, dan orang tua menyadari belajar bukan hanya bisa terjadi di sekolah saja tetapi pembelajaran efektif butuh kolaborasi antara guru ,siswa, dan orang tua tersebut. Tanpa kolaborasi ketiga pihak ini pendidikan yang efektif tidak akan tercapai. 4. Masyarakat melalui pandemi ini juga belajar mengerti tentang kesehatan, mengerti tentang kebersihan, mengerti tentang norma-norma kemanusiaan di dalam masyarakat tersebut. Tumbuhnya empati, solidaritas di masyarakat ini perlu dikembangkan bukan hanya pada masa krisis ini tetapi juga setekah krisis ini usai. Belajar memang tidak selalu mudah namun kini saatnya kita berinovasi, bereksperimentasi ,ini saatnya kita belajar mendengarkan hati nurani agar kita menjadi masyarakat yang lebih baik. Mari tetap belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah (Nadim Makarim) #hardiknas2020 #MerdekaBelajar #BelajardariCovi19 #BelajardariRunah #BekerjadariRunah #Dirumahsaja
Posted on / E-Learning

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL 🇮🇩02 MEI 2020 👏👏💝💖🙏🏿

Menyimak amanat Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim saat upacara virtual Hari Pendidikan Nasional 02 Mei 2020 “Belajar dari Covid 19”

Negara Kita dan Dunia sedang dilanda oleh krisis Covid 19 yang tidak sedikit memakan korban nyawa. Namun dari pandemi ini kita mendapatkan banyak hikmah dan pembelajaran.
Pembelajaran itu adalah

  1. Untuk pertama kali guru-guru melakukan pembelajaran secara online ,guru-guru menemukan metode-metode baru dan menyadari bahwa pendidikan bisa terjadi dimana saja an kapan saja.
  2. Orang tua untuk pertama kali merasakan sulitnya tugas tugas guru dalam menjalankan tugas mengajar. Untuk pertama kalinya orang tua menyadari betapa memberikan pengajaran secara efektif itu sulit, dan timbulnya empati kepada guru-guru yang semama ini belum ada.
  3. Guru, siswa, dan orang tua menyadari belajar bukan hanya bisa terjadi di sekolah saja tetapi pembelajaran efektif butuh kolaborasi antara guru ,siswa, dan orang tua tersebut. Tanpa kolaborasi ketiga pihak ini pendidikan yang efektif tidak akan tercapai.
  4. Masyarakat melalui pandemi ini juga belajar mengerti tentang kesehatan, mengerti tentang kebersihan, mengerti tentang norma-norma kemanusiaan di dalam masyarakat tersebut. Tumbuhnya empati, solidaritas di masyarakat ini perlu dikembangkan bukan hanya pada masa krisis ini tetapi juga setekah krisis ini usai.

Belajar memang tidak selalu mudah namun kini saatnya kita berinovasi, bereksperimentasi
,ini saatnya kita belajar mendengarkan hati nurani agar kita menjadi masyarakat yang lebih baik.

Mari tetap belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah

(Nadim Makarim)

By. Agnes N. Halima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *